Jumat, 30 Desember 2011

Pengangguran

Penyebab Masalah Pengangguran di Indonesia

Kurangnya Lowongan Kerja Sebabkan Pengangguran di Indonesia
Problem pengangguran masih menjadi masalah yang sulit diatasi di banyak negara termasuk juga di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia pada saat yang sama para pencari kerja lebih banyak.
Penyebab Pengangguran di Indonesia
Selain kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia, faktor pendidikan yang rendah dan tidak adanya keahlian khusus, diduga juga menjadi penyebab tingginya angka pengangguran di Indonesia.
 
Tingkat pendidikan yang rendah dan pada saat yang sama tidak memiliki keahlian khusus yang diperlukan di dunia bursa lowongan kerja.
Tingkat pendidikan tinggi, namun lulus dengan tidak memiliki keahlian yang dapat diandalkan. Hanya sekedar lulus dan dapat sertifikat gelar sarjana saja. Sehingga gagal bersaing dalam bursa lowongan kerja.  Kurang beruntungnya, mereka pun tidak mampu untuk berkreasi dan hidup wiraswasta mandiri yang pada akhirnya menambah angka pengangguran di Indonesia sebagai sarjana pengangguran alias pengangguran intelektual.
Tingkat Pendidikan Tinggi dan Punya keahlian, namun tidak memiliki pengalaman. Beberapa persen di antara mereka juga gagal bersaing di bursa lowongan kerja dan menambah angka pengangguran di Indonesia. Namun sebagian mereka yang kreatif, dapat menciptakan lowongan kerja untuk dirinya sendiri bahkan berkembang menjadi pengusaha/bisnisman yang menciptakan lowongan kerja untuk orang lain.

Penyebab pengangguran lainnya adalah pola Mindset yang berpikir tentang harus  bekerja di perusahaan, BUMN, lembaga, sebagai PNS, dan sejenisnya yang mengakibatkan mereka kurang mengembangkan dirinya untuk berkreasi dan menciptakan lowongan kerja untuk dirinya sendiri. Ketika mereka berkali-kali harus gagal alias ditolak di perusahaan atau gagal masuk PNS, maka totalitas mereka menambah data statistik pengangguran di Indonesia.
Selain hal di atas, masih ada puluhan bahkan ratusan penyebab lagi yang membuat tingginya angka pengangguran di Indonesia. Jika anda mengetahui salah satunya, anda bisa mencantumkannya melalui reply postingan ini.
Cara Mengatasi Pengangguran
Terlepas dari semua penyebab di atas, kita masih harus bersyukur bahwa walaupun belum dapat mengatasi atau menghilangkan secara total problem pengangguran di Indonesia, namun sedikit banyak berbagai jenis lowongan kerja yang disediakan oleh banyak perusahaan lokal dan luar negeri telah mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar